Kilang Pertamina Internasional, Kilang Pertamina, Kilang Internasional, Kilang, KPI Pertamina, PT. KPI, KPI

Tanggung Jawab

Perusahaan menyadari bahwa keberlanjutan usaha jangka panjang tidak hanya diukur dari pencapaian kinerja ekonomi saja, tetapi juga bagaimana Perseroan berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dan pemebrdayaan masyarakat secara berimbang.

Health, Safety, Security, and Environment (HSSE)

Health, Safety, Security & Environment 

 

 

PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) sebagai Subholding Refining &  Petrochemical Pertamina yang bertugas mengelola operasi kilang pengolahan dan petrokimia serta mengelola proyek infrastruktur kilang berkomitmen untuk menerapkan aspek health, safety, security & environment (“HSSE”) dengan standar tinggi agar kegiatan operasi kilang, petrokimia dan proyek infrastruktur dapat berjalan dengan aman, berwawasan lingkungan serta dapat bersinergi dengan masyarakat sekitar dan pemangku kepentingan lainnya.   

 

 

 

HSSE merupakan pondasi dan langkah strategis perusahaan dalam mencapai visi misi yang telah ditetapkanOleh karena itukeberhasilan bisnis perusahaan tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan implementasi program HSSE dalam meminimalisir risiko kecelakaan kerja. 

 

 

 Setiap aktivitas kerja di dalam industri minyak dan gas memiliki risiko tinggi (high risk) terhadap terjadinya kecelakaan, ledakan, kebakaran, bahaya pencemaran lingkungan yang dapat mengakibatkan pekerja mengalami fatality ataupun penyakit akibat kerja.

 

Kecelakaan terjadi tidak direncanakan dan tidak disengaja. Mengingat efek dari kecelakaan kerja juga dapat mengakibatkan kerusakan aset dan kerugian perusahaan, bahkan dapat menimbulkan korban jiwa, maka implementasi aspek HSSE harus menjadi prioritas utama dalam setiap kegiatan PT KPI.

 

PT KPI membuat program HSSE untuk melindungi pekerja dan aset perusahaan agar terhindar dari bahaya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Selain itu, program HSSE juga menciptakan suasana kerja yang bersih dan aman sehingga pekerja merasa nyaman dan dapat bekerja dengan lebih produktif.   

 


Komitmen Kami dalam Menguatkan Budaya HSSE 

Penguatan budaya HSSE secara terus-menerus untuk menurunkan angka kecelakaan mencakup seluruh aspek secara berkesinambungan mulai dari kesisteman, kompetensi pekerja dan teknologi yang mendukung pelaksanaan pekerjaan.  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain itu, upaya penguatan budaya HSSE juga menjadi salah satu program unggulan Pertamina melalui Pertamina Safety Culture (budaya aman). Budaya aman merupakan ruang perbaikan lebih lanjut karena mengutamakan unsur behavior, leadership, accountability dan attitudes.  Penguatan budaya HSSE dengan penguatan penerapan HSSE Golden Rules Pertamina dan Corporate Life Saving Rules.